Menganalisis Karakteristik Satuan Pendidikanku (Tahap Mahir) Modul 3

 

Menganalisis Karakteristik Satuan Pendidikanku (Tahap Mahir)

Modul 3

Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

 

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

Pada tahap mahir, cakupan analisis karakteristik meliputi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kondisi satuan pendidikan.

A.  Benar

B.   Salah

Jawaban : A Benar

Dalam menganalisis karakteristik, satuan pendidikan pada tahap mahir melibatkan perwakilan peserta didik, orang tua/wali, masyarakat, dan mitra pendidikan untuk mengumpulkan data yang relevan dan kontekstual.

A.      Benar

B.      Salah

Jawaban : A Benar

Saya menyadari 1 hal terkait karakteristik satuan pendidikan saya, adalah...

Jawabannya adalah :satuan pendidikan saya berada di daerah pedesaan dan memiliki sumber daya alam melimpah.

 

Soal Post Test dan Jawaban

Yang tidak termasuk ke dalam mitra sebagai rekan belajar dalam menyusun kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...

1. Yang tidak termasuk ke dalam mitra sebagai rekan belajar dalam menyusun kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...

A. Organisasi, komunitas, dan mitra industri

B. Peserta didik, orang tua/wali, dan organisasi

C. Mitra industri, rumah sakit, dan puskesmas

D. Kepolisian, komunitas, dan sanggar tari

2. Cara apa yang tidak dilakukan saat menganalisis karakteristik satuan pendidikan?

A.      Mengumpulkan data pemangku kepentingan

B.      Menyiapkan portofolio murid

C.     Mengisi lembar kerja SMART

D.     Memilah informasi yang relevan dari hasil analisis.

 

3. Hasil analisis data dipergunakan untuk…

A.      Menghapuskan visi dan misi satuan pendidikan

B.      Menambah tujuan satuan pendidikan meskipun tidak sesuai dengan visi dan misi

C.     Membuat program unggulan sekolah berkualitas walaupun tidak relevan

D.     Menyusun visi, misi, dan tujuan yang lebih kontekstual

4. Apa saja yang termasuk faktor eksternal yang mempengaruhi karakteristik satuan pendidikan?

A.     Dinas Pendidikan, warga lingkungan sekitar, dan kebijakan daerah

B.      Pendidik, Dinas Kesehatan, dan kebijakan nasional

C.     Murid , orang tua/wali, dan warga sekitar lingkungan

D.      Orang tua/wali, warga sekitar lingkungan, dan industri sekitar

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...