MODUL 1 Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi adaptasi Pratham-TaRL

  

Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi [Kemitraan dengan Inovasi]

MODUL 1

Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi adaptasi Pratham-TaRL

Mempersiapkan Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal (Adaptasi Pratham-TaRL/ Teaching at The Right Level)

 

Jawaban Latihan Pemahaman Mempersiapkan Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal (Adaptasi Pratham-TaRL/ Teaching at The Right Level)

 

1. Manfaat dari melakukan asesmen awal pembelajaran numerasi adalah, kecuali:

A. Guru mengetahui apa yang sudah dan belum dikuasai siswa dalam numerasi

B. Hasil asesmen membantu guru dalam pengelompokan kemampuan siswa

C. Sebagai dasar guru dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa

D. Membantu guru memetakan kualitas pembelajaran guru

 

Apakah selama ini Anda melaksanakan asesmen awal pembelajaran numerasi terhadap siswa di kelas Anda? – Jika ya, mohon diceritakan seperti apa pelaksanaannya! – Jika tidak, mohon dijelaskan apa penyebabnya?

Contoh Jawaban:

Saya melaksanakan asesmen awal pembelajaran numerasi terhadap siswa di kelas saya dengan memberikan penilaian awal operasi hitung dasar untuk mengecek kemampuan menghitung awal siswa.

 

1. “Jika seorang siswa membuat 2 kesalahan saat mengerjakan soal mengenal bilangan pada tingkat 2, maka dia diperbolehkan untuk lanjut mengerjakan bagian soal operasi 2 digit pada tingkat tersebut.”

Pernyataan tersebut “benar” atau “salah”?

A. Benar

B. Salah

Jawaban B. Salah

 

Berikanlah skor terkait sejauh mana Anda merasa modul ini relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik: 5, 4, 3, 2, 1! Mengapa? Catatan: 1 berarti sangat tidak relevan dan 5 berarti sangat relevan.

 

Contoh Jawaban:

Skor 5. Modul ini sangat relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik karena dari kegiatan asesmen awal pembelajaran numerasi, kita bisa mengetahui apa yang sudah dan belum dikuasai peserta didik dalam numerasi. Selain itu, kita juga dapat mengetahui sejauh mana kemampuan numerasi peserta didik, sehingga kita bisa mengelompokkan dan mempersiapkan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik tersebut.

 

1. Jika siswa menggunakan penggaris saat membandingkan jarak yang terjauh apakah diperbolehkan?

Pernyataan tersebut “benar” atau “salah”?

A. Boleh

B. Tidak boleh

Pada video telah disajikan beberapa domain yang diukur di numerasi. Bagian manakah yang paling Anda butuh ditingkatkan/ dikembangkan di diri Anda? -Bilangan dan Operasinya -Geometri dan Pengukuran -Data dan Ketidakpastian

Jawaban:

Geometri dan Pengukuran

Soal Post Test Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi adaptasi Pratham-TaRL

 

3 Soal

1. Langkah pertama dalam perancangan asesmen awal pembelajaran ialah…

A Membuat Alur Tujuan Pembelajaran

B Mempelajari Capaian Pembelajaran

C Menentukan instrumen asesmen

D Merancang pembelajaran

Jawaban B Mempelajari Capaian Pembelajaran

 

2. Apa manfaat pentingnya membuat catatan selama proses asesmen?

A Mengetahui siswa lolos atau tidak lolos asesmen

B Mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal

C Memberikan bukti kepada atasan bahwa ada bukti asesmen dilakukan

D Memberikan semangat kepada siswa agar serius mengerjakan soal.

Jawaban : B Mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal

 

3. Apa manfaat menyediakan alat atau peraga kepada siswa saat mengerjakan soal asesmen awal pembelajaran?

A Mempercantik kegiatan asesmen

B Mengetahui strategi menjawab siswa

C Memamerkan alat yang dimiliki guru

D Membuat bingung siswa karena harus memilih alat 

Jawaban B Mengetahui strategi menjawab siswa

 

 

2 Soal

4. Berikut ini merupakan hal penting terkait asesmen formatif dan summatif adalah ….

A Asesmen formatif lebih utama dilakukan dibandingkan asesmen sumatif

B Asesmen sumatif lebih utama dilakukan dibandingkan asesmen formatif

C Asesmen sumatif berfokus pada pengambilan nilai berupa tes untuk keperluan laporan hasil belajar

D Asesmen formatif mengutamakan umpan balik

Jawaban D Asesmen formatif mengutamakan umpan balik

 

5. Apa manfaat menyediakan alat atau peraga kepada siswa saat mengerjakan soal asesmen awal pembelajaran?

A Mempercantik kegiatan asesmen

B Mengetahui strategi menjawab siswa

C Memamerkan alat yang dimiliki guru

D Membuat bingung siswa karena harus memilih alat 

Jawaban B Mengetahui strategi menjawab siswa

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...