Asesmen Awal
Pembelajaran Numerasi [Kemitraan dengan Inovasi]
MODUL 1
Asesmen Awal
Pembelajaran Numerasi adaptasi Pratham-TaRL
Mempersiapkan Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal
(Adaptasi Pratham-TaRL/ Teaching at The Right Level)
Jawaban
Latihan Pemahaman Mempersiapkan Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal
(Adaptasi Pratham-TaRL/ Teaching at The Right Level)
1. Manfaat
dari melakukan asesmen awal pembelajaran numerasi adalah, kecuali:
A. Guru mengetahui apa yang sudah dan belum dikuasai siswa dalam numerasi
B. Hasil asesmen membantu guru dalam pengelompokan kemampuan siswa
C.
Sebagai dasar guru dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan dan
kemampuan siswa
D. Membantu guru memetakan
kualitas pembelajaran guru
Apakah
selama ini Anda melaksanakan asesmen awal pembelajaran numerasi terhadap siswa
di kelas Anda? – Jika ya, mohon diceritakan seperti apa pelaksanaannya! – Jika
tidak, mohon dijelaskan apa penyebabnya?
Contoh Jawaban:
Saya
melaksanakan asesmen awal pembelajaran numerasi terhadap siswa di kelas saya
dengan memberikan penilaian awal operasi hitung dasar untuk mengecek kemampuan
menghitung awal siswa.
1. “Jika
seorang siswa membuat 2 kesalahan saat mengerjakan soal mengenal bilangan pada
tingkat 2, maka dia diperbolehkan untuk lanjut mengerjakan bagian soal operasi
2 digit pada tingkat tersebut.”
Pernyataan tersebut “benar” atau “salah”?
A.
Benar
B. Salah
Jawaban B. Salah
Berikanlah
skor terkait sejauh mana Anda merasa modul ini relevan dengan kebutuhan belajar
peserta didik: 5, 4, 3, 2, 1! Mengapa? Catatan: 1 berarti sangat tidak relevan
dan 5 berarti sangat relevan.
Contoh Jawaban:
Skor
5. Modul ini sangat relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik karena dari
kegiatan asesmen awal pembelajaran numerasi, kita bisa mengetahui apa yang
sudah dan belum dikuasai peserta didik dalam numerasi. Selain itu, kita juga
dapat mengetahui sejauh mana kemampuan numerasi peserta didik, sehingga kita
bisa mengelompokkan dan mempersiapkan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan
belajar peserta didik tersebut.
1.
Jika siswa menggunakan penggaris saat membandingkan jarak yang terjauh apakah
diperbolehkan?
Pernyataan tersebut
“benar” atau “salah”?
A. Boleh
B.
Tidak boleh
Pada
video telah disajikan beberapa domain yang diukur di numerasi. Bagian manakah
yang paling Anda butuh ditingkatkan/ dikembangkan di diri Anda? -Bilangan dan
Operasinya -Geometri dan Pengukuran -Data dan Ketidakpastian
Jawaban:
Geometri
dan Pengukuran
Soal
Post Test Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi adaptasi Pratham-TaRL
3 Soal
1. Langkah pertama dalam perancangan
asesmen awal pembelajaran ialah…
A Membuat Alur Tujuan Pembelajaran
B Mempelajari Capaian Pembelajaran
C Menentukan instrumen asesmen
D Merancang pembelajaran
Jawaban B Mempelajari Capaian
Pembelajaran
2. Apa manfaat pentingnya membuat catatan
selama proses asesmen?
A Mengetahui siswa lolos atau tidak lolos
asesmen
B Mengetahui kesulitan apa saja yang dialami
siswa dalam menyelesaikan soal
C Memberikan bukti kepada atasan bahwa
ada bukti asesmen dilakukan
D Memberikan semangat kepada siswa agar
serius mengerjakan soal.
Jawaban : B Mengetahui kesulitan apa saja yang
dialami siswa dalam menyelesaikan soal
3. Apa manfaat menyediakan alat atau
peraga kepada siswa saat mengerjakan soal asesmen awal pembelajaran?
A Mempercantik kegiatan asesmen
B Mengetahui strategi menjawab siswa
C Memamerkan alat yang dimiliki guru
D Membuat bingung siswa karena harus
memilih alat
Jawaban B Mengetahui strategi menjawab siswa
2 Soal
4. Berikut ini merupakan hal penting
terkait asesmen formatif dan summatif adalah ….
A Asesmen formatif lebih utama dilakukan
dibandingkan asesmen sumatif
B Asesmen sumatif lebih utama dilakukan
dibandingkan asesmen formatif
C Asesmen sumatif berfokus pada
pengambilan nilai berupa tes untuk keperluan laporan hasil belajar
D Asesmen formatif mengutamakan umpan balik
Jawaban D Asesmen formatif mengutamakan umpan
balik
5. Apa manfaat menyediakan alat atau
peraga kepada siswa saat mengerjakan soal asesmen awal pembelajaran?
A Mempercantik kegiatan asesmen
B Mengetahui strategi menjawab siswa
C Memamerkan alat yang dimiliki guru
D Membuat bingung siswa karena harus
memilih alat
Jawaban B Mengetahui strategi menjawab siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar