Kenaikan Kelas dan Kelulusan

 Kenaikan Kelas dan Kelulusan

Latihan Pemahaman:

1. Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh…

a. Regulasi Kurikulum Merdeka

b. Keputusan rapat dewan guru

c. Dinas Pendidikan Kota

d. Kemendikbudristek

Jawab : b

2. Tindak lanjut yang perlu diambil pendidik saat ada peserta didik yang tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran antara lain adalah…

a. memberikan perlakuan khusus, misalnya strategi belajar lain atau tambahan waktu.

b. mengubah ruang lingkup capaian pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik.

c. melakukan pengolahan nilai sehingga peserta didik bisa memenuhi tujuan pembelajaran.

d. melaporkan kondisi murid pada dinas pendidikan kota/kabupaten untuk ditangani.

Jawab : a

 

3. Kenaikan kelas pada dua fase yang berbeda dapat dilakukan dengan...

a. melaksanakan arahan dari dinas pendidikan.

b. mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik.

c. memperhatikan nilai ketuntasan minimal.

d. memenuhi keinginan murid dan orang tua.

Jawab : b

 

Cerita Reflektif : Apa yang menjadi pertimbangan Ibu dan Bapak dalam menentukan kenaikan kelas selama ini?

Jawab : Selama ini banyak ditentukan oleh ketuntasan belajar peserta didik, bukan dilihat dari kebutuhan peserta didik.

 

 

Latihan Pemahaman :

 

Pada Kurikulum Merdeka, siapa yang berhak menentukan kelulusan peserta didik?

a. Dinas pendidikan kota/kabupaten

b. Komite Pembelajaran

c. Satuan Pendidikan

d. Kemendikbudristek

Jawab : c


Cerita Reflektif : Apa yang menjadi pertimbangan Ibu dan Bapak dalam menentukan kelulusan selama ini?

Jawab : Yang menentukan kelulusan peserta didik selama ini adalah dilihat dari berbagai faktor yang salah satunya adalah ketuntasan belajar selama pembelajaran dan hasil rapat dewan guru satuan pendidikan.

 

1.        Peserta didik bisa dinyatakan lulus, yakni salah satunya jika …

A. Telah mengikuti penilaian sumatif
B. Tidak memiliki masalah perilaku
C. Mempunyai nilai minimal 7,5
D. Kehadiran di atas 90%

Jawaban: A (Telah mengikuti penilaian sumatif)

2.      Acuan yang digunakan dalam penentuan Kenaikan Kelas yaitu...

A. Laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian peserta didik

B. Panduan pembelajaran dan asesmen bagi pendidikan usia dini, dasar, dan pendidikan menengah

C. Peraturan Menteri Pendidikan no. 262 tahun 2022 mengenai pedoman penerapan kurikulum

D. Nilai harian, ulangan, nilai UTS, dan nilai ujian Kenaikan Kelas 

Jawaban: A (Laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian peserta didik)

3. Keputusan tidak meluluskan seorang peserta didik hendaknya hanya diambil sebagai langkah terakhir sesudah semua upaya perbaikan sudah dilakukan, karena....

A. Ketidaklulusan tidak memperbaiki kompetensi peserta didik serta berdampak negatif dari segi psikologis serta ekonomi

B. Satuan pendidikan perlu mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik secara menyeluruh

C. Peserta didik menyelesaikan semua program pembelajaran serta mengikuti penilaian sumatif

D. Hak untuk menentukan Kelulusan peserta didik dalam Kurikulum Merdeka diberikan kepada sekolah

Jawaban: B. (Satuan pendidikan perlu mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik secara menyeluruh)

4. Informasi yang dibutuhkan supaya para pendidik bisa memetakan masalah serta membuat keputusan yang tepat mengenai Kenaikan Kelas adalah...

A. Hambatan belajar yang dialami peserta didik serta latar belakangnya
B. Nilai akhir peserta didik yang diolah dari nilai-nilai ujian

C. Panduan pembelajaran dan asesmen dari Kemendikbudristek
D. Sertifikat perlombaan dan piala yang pernah diperoleh peserta didik

Jawaban: A. (Hambatan belajar yang dialami peserta didik serta latar belakangnya)

5. Pihak yang perlu dilibatkan dalam memutuskan Kenaikan Kelas yaitu....

A. Pendidik, psikolog, kepala sekolah, serta dinas pendidikan

B. Pendidik, komite sekolah, dinas pendidikan, serta orang tua peserta didik

C. Pendidik, peserta didik, orang tua, serta satuan Pendidikan

D. Pengawas pembina, pendidik, satuan pendidikan, serta operator Dapodik

Jawaban: C (Pendidik, peserta didik, orang tua, serta satuan pendidikan)

6. Bagi peserta didik yang mengalami hambatan berupa ketidakhadirkan, pendidik perlu bekerjasama dengan orang tua serta melibatkan peserta didik untuk mencari solusi sejak awal. Hal ini dilakukan supaya....

A. Tercipta komunikasi dan kerjasama yang baik antara sekolah, peserta didik serta orang tua

B. Dapat mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik secara menyeluruh

C. Keputusan tidak meluluskan seorang peserta didik hanya diambil pada kejadian luar biasa

D. Masalah yang ada tidak menumpuk di akhir masa sekolah serta menghambat Kelulusan peserta didik
Jawaban: D (Masalah yang ada tidak menumpuk di akhir masa sekolah serta menghambat Kelulusan peserta didik)

7. Mempertimbangkan besarnya dampak dari keputusan tidak naik kelas, maka guru perlu melaksanakan langkah-langkah antisipasi sepanjang proses pembelajaran. Misalnya.…

A. Merancang sistem penilaian terpadu sehingga guru bisa melaksanakan penilaian otentik

B. Memahami panduan dari Kemendikbudristek mengenai Kenaikan Kelas

C. Menyusun dokumen regulasi mengenai kriteria Kenaikan Kelas yang rinci untuk acuan

D. Mendorong refleksi dan umpan balik guna membantu peserta didik yang mengalami ketertinggalan

Jawaban: D (Mendorong refleksi dan umpan balik guna membantu peserta didik yang mengalami ketertinggalan)

8. Bagaimana nilai peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran di akhir tahun ajaran dituliskan dalam rapor?

A. Dalam rapor ditulis nilai akhir yang diperoleh dari pengolahan nilai harian, nilai PTS dan PAS, serta nilai karakter

B. Dalam rapor ditulis nilai sebenarnya serta deskripsi bahwa peserta didik mempunyai tujuan pembelajaran yang perlu ditindaklanjuti di kelas berikutnya

C. Dalam rapor ditulis nilai sebenarnya dan deskripsi bahwa peserta didik diputuskan untuk tinggal kelas serta perlu mengulang pelajaran

D. Dalam rapor dituliskan nilai tiap kompetensi dasar, yakni dibagi dalam 4 kompetensi inti berupa spiritual, sosial, keterampilan, dan pengetahuan

Jawaban: B. (Dalam rapor ditulis nilai sebenarnya serta deskripsi bahwa peserta didik mempunyai tujuan pembelajaran yang perlu ditindaklanjuti di kelas berikutnya)

9. Salah satu dampak keputusan tidak naik kelas adalah…

A. Hubungan baik antara sekolah dan orang tua

B. Naiknya motivasi belajar peserta didik

C. Meningkatnya angka putus sekolah

D. Perbaikan mutu satuan pendidikan

Jawab : C

 

 


 

Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Kenaikan Kelas dan Kelulusan

1. Peserta didik dapat dinyatakan lulus, salah satunya jika…

A. Telah mengikuti penilaian sumatif

B. Memiliki nilai minimal 7,5

C. Kehadiran di atas 90%

D. Tidak memiliki masalah perilaku

2. Dalam memutuskan kelulusan peserta didik di jenjang SMP, pendidik menentukan kelulusan dengan…

A. Mempertimbangkan hasil ujian kelulusan di akhir kelas 9

B. Mempertimbangkan laporan hasil belajar kelas 7, 8 dan 9

C. Mempertimbangkan seluruh kompetensi inti di jenjang SMP

D. Mempertimbangkan hasil penelusuran minat dan bakat

 

3. Acuan yang digunakan dalam penentuan kenaikan kelas adalah…

A. Laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian peserta didik

B. Peraturan Menteri Pendidikan no. 262 tahun 2022 mengenai pedoman penerapan kurikulum

C. Panduan pembelajaran dan asesmen untuk pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah

D. Nilai harian, ulangan, nilai ujian tengah semester dan nilai ujian kenaikan kelas

 

4. Bagaimana nilai peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran di akhir tahun ajaran dituliskan dalam rapor?

A. Dalam rapor dituliskan nilai akhir yang didapatkan dari pengolahan nilai harian, nilai PTS, nilai PAS dan nilai karakter

B. Dalam rapor dituliskan nilai sebenarnya beserta deskripsi bahwa peserta didik memiliki tujuan pembelajaran yang perlu ditindaklanjuti di kelas berikutnya

C. Dalam rapor dituliskan nilai tiap kompetensi dasar yang dibagi dalam 4 kompetensi inti yaitu spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan

D. Dalam rapor dituliskan nilai sebenarnya beserta deskripsi bahwa peserta didik diputuskan untuk tinggal kelas dan perlu mengulang pelajaran

 

5. Strategi langsung yang bisa digunakan sebagai tindak lanjut oleh pendidik di fase selanjutnya adalah...

A. Sesi konseling untuk membenahi akar masalah

B. Seminar mengenai hambatan belajar anak

C. Perbaikan dokumen kriteria kenaikan kelas

D. Menyediakan tenaga ahli di sekolah

 

6. Salah satu dampak keputusan tidak naik kelas adalah…

A. Hubungan baik antara sekolah dan orang tua

B. Naiknya motivasi belajar peserta didik

C. Meningkatnya angka putus sekolah

D. Perbaikan mutu satuan pendidikan

 

7. Pihak yang perlu dilibatkan dalam memutuskan kenaikan kelas adalah…

A. Pendidik, komite sekolah, dinas pendidikan dan orang tua murid

B. Pendidik, psikolog, kepala sekolah, dan dinas pendidikan

C. Pendidik, peserta didik, orang tua dan satuan pendidikan

D. Pengawas pembina, pendidik, satuan pendidikan dan operator Dapodik

 

8. Berikut ini yang bukan merupakan bentuk asesmen sumatif yang dapat diselenggarakan oleh satuan pendidikan adalah…

A. Tes tertulis

B. Portofolio

C. Tugas performa

D. Rubrik

 

9. Keputusan tidak meluluskan seorang peserta didik hendaknya hanya diambil sebagai langkah terakhir setelah semua upaya perbaikan telah dilakukan, karena…

A. Hak untuk menetapkan kelulusan peserta didik dalam Kurikulum Merdeka diberikan kepada sekolah

B. Satuan pendidikan harus mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik secara menyeluruh

C. Ketidaklulusan tidak memperbaiki kompetensi peserta didik dan berdampak negatif dari segi ekonomi dan psikologis

D. Peserta didik menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan mengikuti penilaian sumatif

 

10. Berikut ini adalah hal yang kurang tepat dilakukan pendidik agar proses kenaikan kelas di dua fase yang berbeda bisa berjalan lancar, yaitu…

A. Memahami konsep pencapaian tujuan belajar dalam Kurikulum Merdeka

B. Mengkomunikasikan permasalahan yang ditemui dalam proses belajar sejak dini

C. Mencari alternatif cara yang bisa mendukung murid memenuhi kebutuhan belajarnya

D. Memindahkan peserta didik yang bermasalah ke sekolah lain

 

11. Tahapan mekanisme kelulusan yang dilakukan oleh satuan pendidikan adalah…

A. Mengoreksi ujian akhir sekolah, menentukan kelulusan, memberikan ijazah

B. Mempertimbangkan laporan kemajuan belajar, menentukan kelulusan, memberikan ijazah

C. Mengisi e-rapor, mendata nilai murid, memberikan ijazah

D. Menyusun laporan kepada dinas pendidikan, mengambil blanko ijazah, memberikan ijazah

12. Untuk peserta didik yang mengalami hambatan berupa ketidakhadiran, pendidik perlu bekerjasama dengan orang tua dan melibatkan peserta didik untuk mencari solusi sejak awal. Hal ini dilakukan agar…

A. Tercipta komunikasi dan kerja sama yang baik antara sekolah, peserta didik, dan orang tua

B. Keputusan tidak meluluskan seorang peserta didik hanya diambil pada kejadian-kejadian luar biasa

C. Dapat mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik secara menyeluruh

D. Masalah yang ada tidak menumpuk di akhir masa sekolah dan menghambat kelulusan peserta didik

 

13. Mempertimbangkan besarnya dampak dari keputusan tidak naik kelas, maka pendidik perlu melakukan langkah-langkah antisipasi sepanjang proses pembelajaran. Misalnya…

A. Menyusun dokumen regulasi mengenai kriteria kenaikan kelas yang rinci sebagai acuan

B. Merancang sistem penilaian terpadu sehingga guru dapat melakukan penilaian otentik

C. Memahami panduan yang dikeluarkan Kemendikbudristek mengenai kenaikan kelas

D. Mendorong refleksi dan umpan balik untuk membantu peserta didik yang mengalami ketertinggalan

 

14. Informasi yang diperlukan agar para pendidik bisa memetakan masalah dan membuat keputusan yang tepat terkait kenaikan kelas adalah…

A. Hambatan belajar yang dialami peserta didik dan latar belakangnya

B. Sertifikat perlombaan dan piala yang pernah didapatkan peserta didik

C. Panduan Pembelajaran dan Asesmen dari Kemendikbudristek

D. Nilai akhir peserta didik yang diolah dari nilai-nilai ujian

 

15. Mengapa keputusan kenaikan kelas perlu melibatkan pendidik, orang tua, dan juga peserta didik?

A. Agar bisa menjadi laporan resmi pada dinas pendidikan

B. Agar peserta didik jera dan sadar akan kesalahan sebelumnya

C. Agar tidak tersebar berita yang bisa menjelekkan nama sekolah

D. Agar ada komitmen bersama yang akan dijalankan sebagai tindak lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...