Kenaikan Kelas dan Kelulusan
Latihan Pemahaman:
1. Kriteria
kenaikan kelas ditentukan oleh…
a. Regulasi Kurikulum
Merdeka
b. Keputusan rapat
dewan guru
c. Dinas Pendidikan
Kota
d. Kemendikbudristek
Jawab : b
2.
Tindak lanjut yang perlu diambil pendidik saat ada peserta didik yang tidak
dapat mencapai tujuan pembelajaran antara lain adalah…
a.
memberikan perlakuan khusus, misalnya strategi belajar lain atau tambahan
waktu.
b.
mengubah ruang lingkup capaian pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik.
c.
melakukan pengolahan nilai sehingga peserta didik bisa memenuhi tujuan
pembelajaran.
d.
melaporkan kondisi murid pada dinas pendidikan kota/kabupaten untuk ditangani.
Jawab
: a
3. Kenaikan kelas pada
dua fase yang berbeda dapat dilakukan dengan...
a. melaksanakan arahan
dari dinas pendidikan.
b. mempertimbangkan
kebutuhan belajar peserta didik.
c. memperhatikan nilai
ketuntasan minimal.
d. memenuhi keinginan
murid dan orang tua.
Jawab : b
Cerita Reflektif
: Apa yang menjadi pertimbangan Ibu dan Bapak dalam menentukan kenaikan
kelas selama ini?
Jawab : Selama ini banyak ditentukan oleh ketuntasan belajar
peserta didik, bukan dilihat dari kebutuhan peserta didik.
Latihan Pemahaman :
Pada Kurikulum
Merdeka, siapa yang berhak menentukan kelulusan peserta didik?
a. Dinas pendidikan
kota/kabupaten
b. Komite Pembelajaran
c. Satuan Pendidikan
d. Kemendikbudristek
Jawab : c
Cerita Reflektif : Apa yang menjadi pertimbangan Ibu dan Bapak dalam
menentukan kelulusan selama ini?
Jawab
: Yang menentukan kelulusan peserta didik selama ini adalah dilihat dari
berbagai faktor yang salah satunya adalah ketuntasan belajar selama
pembelajaran dan hasil rapat dewan guru satuan pendidikan.
1.
Peserta didik bisa
dinyatakan lulus, yakni salah satunya jika …
A. Telah mengikuti penilaian sumatif
B. Tidak memiliki masalah perilaku
C. Mempunyai nilai minimal 7,5
D. Kehadiran di atas 90%
Jawaban:
A (Telah mengikuti penilaian sumatif)
2. Acuan yang digunakan dalam penentuan
Kenaikan Kelas yaitu...
A. Laporan kemajuan
belajar yang mencerminkan pencapaian peserta didik
B. Panduan pembelajaran dan asesmen
bagi pendidikan usia dini, dasar, dan pendidikan menengah
C. Peraturan Menteri Pendidikan no.
262 tahun 2022 mengenai pedoman penerapan kurikulum
D. Nilai harian,
ulangan, nilai UTS, dan nilai ujian Kenaikan Kelas
Jawaban: A (Laporan
kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian peserta didik)
3. Keputusan tidak meluluskan seorang peserta
didik hendaknya hanya diambil sebagai langkah terakhir sesudah semua upaya
perbaikan sudah dilakukan, karena....
A. Ketidaklulusan tidak
memperbaiki kompetensi peserta didik serta berdampak negatif dari
segi psikologis serta ekonomi
B. Satuan pendidikan perlu
mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik secara
menyeluruh
C. Peserta didik
menyelesaikan semua program pembelajaran serta mengikuti penilaian sumatif
D. Hak untuk menentukan Kelulusan
peserta didik dalam Kurikulum Merdeka diberikan kepada sekolah
Jawaban:
B. (Satuan pendidikan perlu mempertimbangkan rekaman perjalanan
belajar peserta didik secara menyeluruh)
4. Informasi
yang dibutuhkan supaya para pendidik bisa memetakan masalah serta membuat
keputusan yang tepat mengenai Kenaikan Kelas adalah...
A. Hambatan
belajar yang dialami peserta didik serta latar belakangnya
B. Nilai akhir peserta didik yang diolah dari nilai-nilai ujian
C. Panduan
pembelajaran dan asesmen dari Kemendikbudristek
D. Sertifikat perlombaan dan piala yang pernah diperoleh peserta didik
Jawaban: A. (Hambatan belajar yang dialami peserta didik serta latar
belakangnya)
5. Pihak yang
perlu dilibatkan dalam memutuskan Kenaikan Kelas yaitu....
A. Pendidik,
psikolog, kepala sekolah, serta dinas pendidikan
B. Pendidik, komite sekolah, dinas pendidikan, serta orang
tua peserta didik
C. Pendidik, peserta didik, orang tua, serta satuan Pendidikan
D. Pengawas pembina, pendidik, satuan pendidikan, serta operator
Dapodik
Jawaban:
C (Pendidik, peserta didik, orang tua, serta satuan pendidikan)
6. Bagi peserta
didik yang mengalami hambatan berupa ketidakhadirkan, pendidik perlu
bekerjasama dengan orang tua serta melibatkan peserta didik untuk
mencari solusi sejak awal. Hal ini dilakukan supaya....
A.
Tercipta komunikasi dan kerjasama yang baik antara sekolah, peserta
didik serta orang tua
B. Dapat mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta
didik secara menyeluruh
C.
Keputusan tidak meluluskan seorang peserta didik hanya diambil pada
kejadian luar biasa
D.
Masalah yang ada tidak menumpuk di akhir masa sekolah serta menghambat
Kelulusan peserta didik
Jawaban: D (Masalah yang ada tidak menumpuk di akhir masa sekolah serta
menghambat Kelulusan peserta didik)
7.
Mempertimbangkan besarnya dampak dari keputusan tidak naik kelas, maka guru
perlu melaksanakan langkah-langkah antisipasi sepanjang proses pembelajaran.
Misalnya.…
A.
Merancang sistem penilaian terpadu sehingga guru bisa melaksanakan penilaian
otentik
B.
Memahami panduan dari Kemendikbudristek mengenai Kenaikan Kelas
C.
Menyusun dokumen regulasi mengenai kriteria Kenaikan Kelas yang rinci
untuk acuan
D.
Mendorong refleksi dan umpan balik guna membantu peserta didik yang
mengalami ketertinggalan
Jawaban: D (Mendorong refleksi dan umpan balik guna
membantu peserta didik yang mengalami ketertinggalan)
8. Bagaimana nilai peserta didik yang belum mencapai tujuan
pembelajaran di akhir tahun ajaran dituliskan dalam rapor?
A. Dalam rapor ditulis nilai akhir yang diperoleh
dari pengolahan nilai harian, nilai PTS dan PAS, serta nilai karakter
B. Dalam rapor ditulis nilai sebenarnya serta
deskripsi bahwa peserta didik mempunyai tujuan pembelajaran yang
perlu ditindaklanjuti di kelas berikutnya
C. Dalam rapor ditulis nilai sebenarnya dan
deskripsi bahwa peserta didik diputuskan untuk tinggal kelas serta
perlu mengulang pelajaran
D. Dalam rapor dituliskan nilai tiap
kompetensi dasar, yakni dibagi dalam 4 kompetensi inti berupa spiritual,
sosial, keterampilan, dan pengetahuan
Jawaban: B. (Dalam
rapor ditulis nilai sebenarnya serta deskripsi bahwa peserta
didik mempunyai tujuan pembelajaran yang perlu ditindaklanjuti
di kelas berikutnya)
9. Salah satu dampak
keputusan tidak naik kelas adalah…
A. Hubungan baik
antara sekolah dan orang tua
B. Naiknya motivasi
belajar peserta didik
C. Meningkatnya angka
putus sekolah
D. Perbaikan mutu
satuan pendidikan
Jawab : C
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Kenaikan Kelas dan Kelulusan
1. Peserta didik dapat dinyatakan lulus, salah satunya jika…
A. Telah mengikuti penilaian sumatif
B. Memiliki nilai minimal 7,5
C. Kehadiran di atas 90%
D. Tidak memiliki masalah perilaku
2. Dalam memutuskan kelulusan peserta didik di jenjang SMP, pendidik
menentukan kelulusan dengan…
A. Mempertimbangkan hasil ujian kelulusan di akhir kelas 9
B. Mempertimbangkan laporan hasil belajar kelas 7, 8 dan 9
C. Mempertimbangkan seluruh kompetensi inti di jenjang SMP
D. Mempertimbangkan hasil penelusuran minat dan bakat
3. Acuan yang digunakan dalam penentuan kenaikan kelas adalah…
A. Laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian
peserta didik
B. Peraturan Menteri Pendidikan no. 262 tahun 2022 mengenai pedoman
penerapan kurikulum
C. Panduan pembelajaran dan asesmen untuk pendidikan usia dini,
pendidikan dasar dan pendidikan menengah
D. Nilai harian, ulangan, nilai ujian tengah semester dan nilai ujian
kenaikan kelas
4. Bagaimana nilai peserta didik yang belum mencapai tujuan
pembelajaran di akhir tahun ajaran dituliskan dalam rapor?
A. Dalam rapor dituliskan nilai akhir yang didapatkan dari pengolahan
nilai harian, nilai PTS, nilai PAS dan nilai karakter
B. Dalam rapor dituliskan nilai sebenarnya beserta
deskripsi bahwa peserta didik memiliki tujuan pembelajaran yang perlu
ditindaklanjuti di kelas berikutnya
C. Dalam rapor dituliskan nilai tiap kompetensi dasar yang dibagi
dalam 4 kompetensi inti yaitu spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan
D. Dalam rapor dituliskan nilai sebenarnya beserta deskripsi bahwa
peserta didik diputuskan untuk tinggal kelas dan perlu mengulang pelajaran
5. Strategi langsung yang bisa digunakan sebagai tindak lanjut oleh
pendidik di fase selanjutnya adalah...
A. Sesi konseling untuk membenahi akar masalah
B. Seminar mengenai hambatan belajar anak
C. Perbaikan dokumen kriteria kenaikan kelas
D. Menyediakan tenaga ahli di sekolah
6. Salah satu dampak keputusan tidak naik kelas adalah…
A. Hubungan baik antara sekolah dan orang tua
B. Naiknya motivasi belajar peserta didik
C. Meningkatnya angka putus sekolah
D. Perbaikan mutu satuan pendidikan
7. Pihak yang perlu dilibatkan dalam memutuskan kenaikan kelas adalah…
A. Pendidik, komite sekolah, dinas pendidikan dan orang
tua murid
B. Pendidik, psikolog, kepala sekolah, dan dinas pendidikan
C. Pendidik, peserta didik, orang tua dan satuan pendidikan
D. Pengawas pembina, pendidik, satuan pendidikan dan operator Dapodik
8. Berikut ini yang bukan merupakan bentuk asesmen sumatif yang dapat
diselenggarakan oleh satuan pendidikan adalah…
A. Tes tertulis
B. Portofolio
C. Tugas performa
D. Rubrik
9. Keputusan tidak meluluskan seorang peserta didik hendaknya hanya
diambil sebagai langkah terakhir setelah semua upaya perbaikan telah dilakukan,
karena…
A. Hak untuk menetapkan kelulusan peserta didik dalam Kurikulum
Merdeka diberikan kepada sekolah
B. Satuan pendidikan harus mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar
peserta didik secara menyeluruh
C. Ketidaklulusan tidak memperbaiki kompetensi peserta
didik dan berdampak negatif dari segi ekonomi dan psikologis
D. Peserta didik menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan
mengikuti penilaian sumatif
10. Berikut ini adalah hal yang kurang tepat dilakukan pendidik agar
proses kenaikan kelas di dua fase yang berbeda bisa berjalan lancar, yaitu…
A. Memahami konsep pencapaian tujuan belajar dalam Kurikulum Merdeka
B. Mengkomunikasikan permasalahan yang ditemui dalam proses belajar
sejak dini
C. Mencari alternatif cara yang bisa mendukung murid memenuhi
kebutuhan belajarnya
D. Memindahkan peserta didik yang bermasalah ke sekolah
lain
11. Tahapan mekanisme kelulusan yang dilakukan oleh satuan pendidikan
adalah…
A. Mengoreksi ujian akhir sekolah, menentukan kelulusan, memberikan
ijazah
B. Mempertimbangkan laporan kemajuan belajar, menentukan
kelulusan, memberikan ijazah
C. Mengisi e-rapor, mendata nilai murid, memberikan ijazah
D. Menyusun laporan kepada dinas pendidikan, mengambil blanko ijazah,
memberikan ijazah
12. Untuk peserta didik yang mengalami hambatan berupa ketidakhadiran,
pendidik perlu bekerjasama dengan orang tua dan melibatkan peserta didik untuk
mencari solusi sejak awal. Hal ini dilakukan agar…
A. Tercipta komunikasi dan kerja sama yang baik antara sekolah,
peserta didik, dan orang tua
B. Keputusan tidak meluluskan seorang peserta didik hanya diambil pada
kejadian-kejadian luar biasa
C. Dapat mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik
secara menyeluruh
D. Masalah yang ada tidak menumpuk di akhir masa sekolah
dan menghambat kelulusan peserta didik
13. Mempertimbangkan besarnya dampak dari keputusan tidak naik kelas,
maka pendidik perlu melakukan langkah-langkah antisipasi sepanjang proses
pembelajaran. Misalnya…
A. Menyusun dokumen regulasi mengenai kriteria kenaikan kelas yang
rinci sebagai acuan
B. Merancang sistem penilaian terpadu sehingga guru dapat melakukan
penilaian otentik
C. Memahami panduan yang dikeluarkan Kemendikbudristek mengenai
kenaikan kelas
D. Mendorong refleksi dan umpan balik untuk membantu
peserta didik yang mengalami ketertinggalan
14. Informasi yang diperlukan agar para pendidik bisa memetakan
masalah dan membuat keputusan yang tepat terkait kenaikan kelas adalah…
A. Hambatan belajar yang dialami peserta didik dan latar
belakangnya
B. Sertifikat perlombaan dan piala yang pernah didapatkan peserta
didik
C. Panduan Pembelajaran dan Asesmen dari Kemendikbudristek
D. Nilai akhir peserta didik yang diolah dari nilai-nilai ujian
15. Mengapa keputusan kenaikan kelas perlu melibatkan pendidik, orang
tua, dan juga peserta didik?
A. Agar bisa menjadi laporan resmi pada dinas pendidikan
B. Agar peserta didik jera dan sadar akan kesalahan sebelumnya
C. Agar tidak tersebar berita yang bisa menjelekkan nama sekolah
D. Agar ada komitmen bersama yang akan dijalankan sebagai
tindak lanjut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar