Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan Modul 2

 

Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan

Modul 2

Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

 

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

Kita harus memastikan, bahwa proses belajar kurikulum merdeka sesuai dengan…..

A. Instruksi pemerintah

B. Instruksi kepala daerah

C. Karakteristik satuan Pendidikan

D. Karakteristik kepala sekolah

Jawaban C. Karakteristik satuan Pendidikan

Analisis karakteristik dilakukan setelah satuan pendidikan merancang visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan.

A. Benar

B. Salah

Jawaban B. Salah

Berikut ini yang bukan komponen dalam analisis SWOT adalah…

A.Opportunity (peluang)

B. Strength (kekuatan)

C. Threat (ancaman)

D. Danger (bahaya)

Jawaban D. Danger (bahaya)

Cerita Reflektif : Hal baru mengenai karakteristik satuan pendidikan yang saya pelajari dari materi ini adalah....

 

Jawab : Cara mengimplementasikan kurikulum operasional berdasarkan karakteristik satuan pendidikan, bukan dari segi kontekstual.

 

 

Refleksi :

Teknik analisis apa saja yang pernah Anda pelajari sebelumnya? Apakah bisa digunakan dalam menganalisis karakteristik satuan pendidikan?

Jawaban :Teknik Berdasarkan Matematika dan Statistik, Teknik Berdasarkan Artificial Intelligence dan Machine Learning, Teknik Berdasarkan Visualisasi dan Grafik,

Refleksi:

Cara apa yang biasa Anda gunakan dalam mengumpulkan data? Apakah ada cara baru yang ingin Anda coba setelah mempelajari materi ini?

Jawaban : Dengan Wawancara, Teknik pengumpulan data observasi,Teknik pengumpulan data angket (kuesioner),Teknik pengumpulan data studi pustaka.

Soal Post Test

1. Salah satu sumber informasi mengenai satuan pendidikan yang dapat diperoleh dari Kemendikbudristek adalah:

A. Kuisioner

B. Wawancara

C. Foruk diskusi terpumpun

D. Rapor Pendidikan

Jawaban D. Rapor Pendidikan

 

2. Manakah yang termasuk ke dalam faktor internal pada analisis SWOT ?

A. Strength (kekuatan) dan Weakness (kelemahan)

B. Weakness (kelemahan) dan Threat (ancaman)

C. Strength (kekuatan) dan Threat (ancaman)

D. Opportunity (peluang) dan Weakness (kelemahan)

 

3. Yang merupakan alat untuk mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan objek adalah:

A. Kuisioner

B. Forum diskusi terpumpun

C. Observasi

D. Wawancara

 

4. Berikut yang merupakan faktor eksternal dalam karakteristik satuan pendidikan adalah...

A. Karakteristik murid

B. Karakteristik lingkungan

C. Karakteristik orang tua/wali murid

D. Karakteristik tenaga kependidikan

 

5. Kekhususan kondisi peserta didik merupakan faktor khusus pada satuan pendidikan...

A. SLB

B. SMK

C. PAUD

D. PAUD-SMA/K

 

6. Salah satu aspek yang dilihat dalam menganalisis karakter pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan adalah …

A. Banyaknya sekolah yang pernah diajar

B. Tingkat kesulitan mata pelajaran yang diampu

C. Tingkat pendidikan terakhir yang diperoleh

D. Jumlah peserta didik yang berminat dengan guru tersebut

 

7. Informasi yang tidak dibutuhkan dalam melakukan analisis karakteristik lingkungan belajar?

A. Bagaimana peran satuan pendidikan sebagai bagian dari masyarakat setempat

B. Apa kekhasan daerah setempat yang penting untuk dilestarikan?

C. Bagaimana peran satuan pendidikan dalam menyiapkan peserta didik mencapai profil Pelajar Pancasila?

D. Bagaimana kesiapan pemerintah setempat dalam memfasilitasi minat olahraga warganya?

 

8. Berikut ini, yang termasuk ke dalam kekuatan yang dimiliki oleh satuan pendidikan adalah..

A. Hubungan orangtua yang kurang baik

B. Lingkungan sekolah yang nyaman untuk kegiatan pembelajaran

C. Peraturan pemerintah yang selalu berubah

D. Pelatihan dan pengembangan diri guru yang tidak merata

 

 

9. Alat bantu yang disediakan Kemdikbudristek sebagai sumber data mengenai mutu dan hasil belajar satuan pendidikan adalah...

A. Rapor siswa

B. Rapor murid

C. Platform Merdeka Mengajar

D. RKAS

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2

  Memahami Karakteristik  Satuan Pendidikan di Tahap Siap Modul 2 Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Berkembang (...