Analisis Karakteristik Satuan
Pendidikan
Modul
2
Mengenal Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan
A.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Kita harus memastikan, bahwa proses belajar kurikulum
merdeka sesuai dengan…..
A. Instruksi pemerintah
B. Instruksi kepala daerah
C. Karakteristik satuan Pendidikan
D. Karakteristik kepala sekolah
Jawaban C. Karakteristik satuan Pendidikan
Analisis karakteristik dilakukan setelah satuan pendidikan merancang
visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan.
A. Benar
B. Salah
Jawaban B. Salah
Berikut ini yang bukan komponen dalam analisis SWOT adalah…
A.Opportunity (peluang)
B. Strength (kekuatan)
C. Threat (ancaman)
D. Danger (bahaya)
Jawaban D. Danger (bahaya)
Cerita Reflektif
: Hal baru mengenai karakteristik satuan pendidikan yang saya pelajari
dari materi ini adalah....
Jawab : Cara
mengimplementasikan kurikulum operasional berdasarkan karakteristik satuan
pendidikan, bukan dari segi kontekstual.
Refleksi :
Teknik analisis apa saja yang pernah Anda pelajari sebelumnya?
Apakah bisa digunakan dalam menganalisis karakteristik satuan pendidikan?
Jawaban :Teknik Berdasarkan Matematika dan Statistik, Teknik
Berdasarkan Artificial Intelligence dan Machine Learning, Teknik Berdasarkan
Visualisasi dan Grafik,
Refleksi:
Cara apa yang biasa Anda gunakan dalam mengumpulkan data? Apakah
ada cara baru yang ingin Anda coba setelah mempelajari materi ini?
Jawaban : Dengan Wawancara, Teknik
pengumpulan data observasi,Teknik pengumpulan data angket (kuesioner),Teknik
pengumpulan data studi pustaka.
Soal Post
Test
1. Salah satu sumber informasi mengenai satuan pendidikan
yang dapat diperoleh dari Kemendikbudristek adalah:
A. Kuisioner
B. Wawancara
C. Foruk diskusi terpumpun
D. Rapor Pendidikan
Jawaban D. Rapor Pendidikan
2. Manakah yang termasuk ke dalam faktor internal pada
analisis SWOT ?
A. Strength (kekuatan) dan Weakness (kelemahan)
B. Weakness (kelemahan) dan Threat (ancaman)
C. Strength (kekuatan) dan Threat (ancaman)
D. Opportunity (peluang) dan Weakness (kelemahan)
3. Yang merupakan alat untuk mengumpulkan data dengan cara
melakukan pengamatan objek adalah:
A. Kuisioner
B. Forum diskusi terpumpun
C. Observasi
D. Wawancara
4. Berikut yang merupakan faktor eksternal dalam
karakteristik satuan pendidikan adalah...
A. Karakteristik murid
B. Karakteristik lingkungan
C. Karakteristik orang tua/wali murid
D. Karakteristik tenaga kependidikan
5. Kekhususan kondisi peserta didik merupakan faktor khusus
pada satuan pendidikan...
A. SLB
B. SMK
C. PAUD
D. PAUD-SMA/K
6. Salah satu aspek yang dilihat dalam menganalisis karakter
pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan adalah …
A. Banyaknya sekolah yang pernah diajar
B. Tingkat kesulitan mata pelajaran yang diampu
C. Tingkat pendidikan terakhir yang diperoleh
D. Jumlah peserta didik yang berminat dengan guru tersebut
7. Informasi yang tidak dibutuhkan dalam melakukan
analisis karakteristik lingkungan belajar?
A. Bagaimana peran satuan pendidikan sebagai bagian dari
masyarakat setempat
B. Apa kekhasan daerah setempat yang penting untuk
dilestarikan?
C. Bagaimana peran satuan pendidikan dalam menyiapkan
peserta didik mencapai profil Pelajar Pancasila?
D. Bagaimana kesiapan pemerintah setempat dalam memfasilitasi
minat olahraga warganya?
8. Berikut ini, yang termasuk ke dalam kekuatan yang
dimiliki oleh satuan pendidikan adalah..
A. Hubungan orangtua yang kurang baik
B. Lingkungan sekolah yang nyaman untuk kegiatan
pembelajaran
C. Peraturan pemerintah yang selalu berubah
D. Pelatihan dan pengembangan diri guru yang tidak merata
9. Alat bantu yang disediakan Kemdikbudristek sebagai sumber
data mengenai mutu dan hasil belajar satuan pendidikan adalah...
A. Rapor siswa
B. Rapor murid
C. Platform Merdeka Mengajar
D. RKAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar